Internet Sehat bagi Pelajar dan Sebagai Media Pembelajaran

0
Diposkan oleh Label: di
Assalamu alaikum wr wb yeay hari ini baru sempat nge-post setelah vacum 3 bulan, kali ini artikel tentang Informasi dan Teknologi. happy reading ;)))


Internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita bisa melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon. Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi dapat dipindahkan, dan akhirnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol baru yang sekarang dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Tujuan awal dibangunnya proyek itu adalah untuk keperluan militer. Pada saat itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah dihancurkan.
Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu pada tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak lama kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.
Oleh sebab itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu "MILNET" untuk keperluan militer dan "ARPANET" baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

INTERNET SEHAT BAGI PELAJAR :


Perkembangan teknologi internet dewasa ini begitu pesat dan telah begitu memasyarakat, tidak hanya berlaku di kalangan dewasa namun juga di kalangan anak dan remaja termasuk siswa sekolah dasar. Pesatnya perkembangan tersebut juga diiringi dengan semakin meningkatknya pengguna Internet dan Warung Internet. Bahkan saat ini mulai maraknya pelajar SD bermain Internet baik di rumah maupun di warung-warung Internet menjadi bukti bahwa teknologi internet sudah mulai merebak bagai virus.

Di sisi lain meratanya pengguna Internet hingga sampai kepada pelajar SD juga mengancam kerusakan moral para pelajar, karena Internet bagaikan pisau bermata dua. Ada manfaat positif yang yang bisa diambil di sisi lain Internet juga memiliki dampak negatif yang mengancam anak-anak. Sebagai bukti munculnya data dan fakta dikalangan pelajar, saat ini telah terjadi pergeseran orientasi penggunaan Internet yang sangat memprihatinkan. Sebagian besar pelajar menggunakan internet hanya untuk bermain game online dan membuka situs jejaring sosial. Terlebih situs jejaring sosial yang terkenal saat ini dikalangan kita seperti Facebook.com di dalamnya sudah menyertakan fasilitas chatting, dan games. Sudah barang tentu situs ini menjadi halaman favorit yang dikunjungi para pelajar tidak hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.

Banyaknya dampak negatif dalam penggunaan teknologi Internet bukan berarti kita menjadi antipasti terhadap teknologi yang satu ini, melarang dan mengharamkan kepada para anak-anak menggunakan teknologi khususnya Internet bukanlah jalan keluar yang tepat. Yang perlu dilakukan adalah memberikan arahan dan juga sebuah WARNING kepada mereka, dampingi mereka dan sampaikan hal-hal yang positif yang dapat diambil dari internet.



Banyak hal yang telah dan akan diprogramkan untuk mengarahkan, membimbing serta merangsang mereka untuk menggunakan internet secara sehat, seperti diantara beberapa hal berikut yang saya kutip dari arahan sebuah blog SIT yang diantaranya sebagai berikut diantaranya adalah sebagai berikut :
1. Memanfaatkan situs jejaring sosial dalam hal ini facebook untuk berdiskusi dan membahas pelajaran dengan membuat grup.
2. Program guru nge-Blog ‘One Teacher One Blog’. Membekali guru dengan keterampilan menulis dan mengirimkan tulisan mereka ke dalam Blog (Situs Online).
3. Mengarahkan siswa untuk mengirimkan hasil karyanya ke berbagai media cetak dalam ini ‘Blog’, atau memajang karyanya di media online seperti kompasiana. Progam yang akan diluncurkan adalah “One Student One Blog” (Satu siswa satu Blog)
4. Ketika siswa sudah pandai menggunakan dan memanfaatkan blog, sekolah akan mengadakan sebuah kompetisi bagi siswa yang aktif dalam berkarya semisal menulis puisi, cerpen, jurnal, serta mengupload poto yang telah dipajang di situs jejaring sosial, blog serta media online lainnya oleh siswa. Hal ini penting dilakukan sebagai reward atas karya siswa, dengan harapan siswa akan semakin gigih untuk berkreatifitas serta menggunakan internet sehat.
5. Pihak sekolah terbuka menerima masukan-masukan dari Bapak/ Ibu wali murid dengan menyiapkan alamat e-mail para guru, dan manajemen sekolah. Email Bapak/Ibu guru dan manajemen sekolah dicantumkan di website sekolah.
Dan tentunya masih banyak cara untuk mengarahkan serta membimbing siswa supaya menjadi pengguna internet yang sehat. Setiap langkah-langkah tersebut, dalam hal ini kami pihak sekolah khususnya guru senanantiasa mempertimbangkan penanaman pendidikan akhlaq dan karakter kepada setiap siswa.


INTERNET SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN :


Dan adapun juga contoh pemanfaatan Internet sebagai media pembelajaran :

1. Internet Sebagai Tambahan Bahan Pelajaran
Internet dapat dijadikan sebagai tambahan pelajaran seperti kita dapat mencari tugas yang sekiranya tidak didapatkan diperpustakaan maupun buku dan dapat mendownloadnya baik dalam bentuk file Pdf, Word, Powerpoint dan sebagainya. Proses pencarian bahan pelajaran rasanya lebih efektif dan efisien bila mencari langsung di Internet karena kita hanya membutuhkan kata kuncinya saja

2. Internet Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh
Hal ini dapat terjadi apabila antara guru dan murid jauh atau tidak memungkinkan harus bertemu langsung. Dengan memafaatkan fasilitas seperti e-mail, jejaring sosial, forum, maupun video chat, proses belajar mengajar pun dapat terlaksana. Kemudian pula guru dapat langsung memberikan tugas kepada muridnya untuk mencari tugas langsung di Internet sebagai bahan soal dan tentunya masih banyak lagi hal-hal yang dapat dilakukan di Internet sebagai Media pembelajaran jarak jauh.

3. Internet Menciptakan Penemuan Baru di Dunia Pendidikan,
Hal ini dapat kita temukan di Internet karena penemuan-penemuan baru tentu saja tidak langsung diupdate di buku pelajaran. Kita juga dapat cepat mengetahui perkembangan apa saja di dunia ini dan penemuan baru yang dapat menambah wawasan dan inspirasi kita. Ini semua dapat langsung kita temui di Internet

4. Internet Sebagai Anti Gaptek dalam Dunia Pendidikan Gaptek (Gagap Teknologi)
merupakan hal yang harus dihilangkan dalam perkembangan jaman dan teknologi. Dengan pemanfaatan Internet yang baik maka kita bisa lebih mengenal lebih jauh tentang istilah-istilah baru maupun pengetahuan-pengetahuan  baru yang tidak kita dapat dari sekolah atau dunia pendidikan. Maka wawasan kita pun menjadi lebih luas dan anti Gaptek

5. Internet Sebagai Penyimpanan dan Catatan Online
Selain buku pelajaran, Lembar Kerja Siswa, Makalah dan lain sebagainya, Internet dapat dijadikan sebagai penyimpanan data hasil catatan penting kita disekolah. Maksudnya bahwasanya jika kita menyimpan semua data kita di buku pelajaran, dikhawatirkan akan hilang dan rusak. Tetapi bila kita memanfaatkan fasilitas upload data yang disediakan di Internet kita dapat menyimpan data pelajaran kita, baik berupa file Pdf, Word dan sebagainya. Selain aman, kita juga bisa berbagi catatan kepada orang banyak bilamana kita memberikan hak untuk dapat dibagikan.


Beberapa solusi diatas mungkin dapat dijadikan acuan untuk menerapkan penggunaan Internet dikalangan pelajar dan tentunya masih banyak lagi yang bias dilakukan untuk membuat Internet di negeri ini menjadi segar dan bebas dari sesuatu yang dapat merusak moral anak bangsa.

Post a Comment

Back to Top